UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
PENGARUH DAYA
TARIK CELEBRITY ENDORSER,
KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER,
KREATIVITAS IKLAN ANIMASI DAN KEMENARIKAN PESAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN PRODUK MOLTO ULTRA – IKLAN VERSI
HEMAT AIR (STUDI PADA KONSUMEN MOLTO ULTRA DI
KECAMATAN BEJI,
DEPOK)
Disusuun Oleh :
Nama : Dwi Indah Utami Ningsih
NPM :
10208399
Jurusan :
Manajemen
Pembimbing : Dr. Zuhad Ichyaudin, SE., MBA
Diajukan Guna
Melengkapi Sebagai Syarat
Dalam Mencapai Gelar
Sarjana Strata Satu (S1)
Jakarta
2012
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel daya tarik celebrity endorser, kredibilitas celebrity endorser, kreativitas animasi
dan kemenarikan pesan iklan terhadap keputusan pembelian Molto Ultra di wilayah
kecamatan Beji, Kota Depok Jawa Barat. PT. Unilever sebagai produsen Molto
Ultra memiliki cara menarik untuk memperkenalkan produknya melalui iklan
animasi, hal ini menarik untuk diteliti karena masih sedikitnya perkembangan advertising melalui media televisi yang
menggunakan tokoh animasi.
Teknik
pengumpulan data dengan dilakukan penyebaran
kuesioner pada 150 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non-probability sampling
dengan metode purposive. Pada tahap
analisis dilakukan uji reliabilitas dan validitas, uji korelasi, uji asumsi
klasik dan uji regresi.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh antara kredibilitas celebrity endorser, kreativitas iklan animasi dan kemenarikan pesan iklan terhadap keputusan pembelian Molto Ultra, sedangkan variabel daya tarik celebrity endorser tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Molto ultra. Hasil uji yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Molto Ultra adalah variabel kreativitas iklan animasi.
Kata
kunci : Daya tarik celebrity endorser,
kredibilitas celebrity endorser, kreativitas iklan animasi, kemenarikan pesan
iklan, keputusan Pembelian
Daftar pustaka
(1993 – 2012)