Selasa, 14 Mei 2013

Nisfu Sya'ban


Assalamualaikum, 
Selamat pagi, 
Selamat siang ,
Selamat sore, 
Selamat malam,

........................bagi umat muslim sebentar lagi in sya' allah ketemu lagi nih sama bulan Ramadhan, (in sya' allah, alhamdulilah ya). nah sebelum langsung ketemu dengan bulan ramadhan, kita ketemuan dulu ya dengan malam Nisfu Sya'ban J .

Apa si malam nisfu sya’ban itu? Buat yang sama-sama masih belajar seperti saya, malam Nisfu Sya’ban itu malam kelima belas atau malam pertengahan di bulan Sya’ban, terus apa istimewanya ?

Dikutip dari websitenya NU Indonesia, keutamaan Nisfu Sya’ban sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih dari Mu’az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu Rasulullah bersabda yang artinya : “ALLAH menjenguk datang kepada semua makhlukNya di Malam Nisfu Sya’ban, maka diampuni segala dosa makhlukNya KECUALI orang yang menyekutukan ALLAH dan orang yang bermusuhan “ (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).

Dari kutipan diatas tadi saya mencoba untuk menelaah bahwa ALLAH ketika malam Nisfu Sya’ban itu mengawasi seluruh makhluk-makhlukNya, sebenarnya tidak hanya malam itu saja kapanpun karena ALLAH maha mengetahui segala apapun atas makhluknya tetapi untuk malam nisfu sya’ban itu terasa spesial karena selain ALLAH mengunjungi atau mengawasi kita, ALLAH memberikan hadiah untuk kita apabila kita memohon ampun kepadaNya, ALLAH akan memaafkan dan mengampuni kita.

Selain itu malam Nisfu Sya’ban juga termasuk malam-malam yang dikabulkannya doa kita. Imam asy-syafi’i dalam kitabnya al-Umm berkata :”Telah sampai pada kami bahwa dikatakan : sesungguhnya doa dikabulkan pada lima malam, yaitu malam jum’at, malam hari raya Idul Adha, malam hari raya Idul Firti, malam pertama di bulan Rajab dan malam Nisfu Sya’ban.

Cara yang biasa saya lakukan untuk menikmati malam Nisfu Sya’ban diantaranya setelah solah isya membaca surah Yasin, berzikir, dan menangis kepada ALLAH. Semoga ALLAH mengampuni dosa saya L, senantiasa melindung kedua orang saya dan memberikan saya kesempatan untuk selalu membahagiakan orang tua saya J, amin

Nah adik-adik, teman-teman, kakak-kakak, mama-mama, papa-papa, eyang, opa, semuanya in sya’ allah malam Nisfu Sya’ban akan jatuh pada hari senin, 24 Juni 2013. Semoga kita semua dapat menikmati malam Nisfu Sya’ban secara maksimal, semoga ALLAH menerima semua ibadah dan taubat kita dan semoga kita semua bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini, amin

Mohon maaf apabila terdapat penyataan yang salah. penulis masih berproses untuk belajar dan mohon pencerahan yang membangun. 

Sumber : 
  1. http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,23951-lang,id-c,ubudiyyah-t,Menyambut+Malam+Nishfu+Syaban-.phpx
  2. http://blog.autada.com/2012/11/kalender-islam.html